SEDANG DALAM TAHAP UJI COBA!!!

Asal usul desa Krajan Kecamatan parang Kabupaten Magetan



Asal usul Mageta kali ini akan bercerita tentang Asal usul desa Krajan Kecamatan parang Kabupaten Magetan. Desa krajan ini terletak di lembah sungai kenteng dan ada 3 desa yang Desa Krajan, desa Sundul dan desa krowe.

Menurut cerita dari sumber yang di dapat bahwa desa krajan ini ceritanya di mulai dari yang namanya Mbah labu. Mbah Labu itu sendiri pendatang yang berasal dari Wonogiri Jawa Tengah, dan mulai babad untuk membuat pemukiman untuk ditempat tinggali olehnya. Setelah beberapa bulan mbah labu mencari tempat yang tepat untuk ia tempati akhirnya ia mendapatkan juga tempat yang cocok untuk ditempat tinggali yaitu di lembah sungai atau sekitar bantaran sungai yang sekarang di kenal dengan sungai kenteng.

Mbah labu memilih tempat itu di karenakan tempat tersebut dekat dengan air dan sangat subur. Oleh Mbah labu tempat tersebut dinamakan Krajan (jw. Kraton), karena mengambil filosofi bahwa tempat itu adalah tempat yang subur dan nantinya dapat dijadikan pusat pemerintahan atau kekuasaan.

Sebenarnya awalnya Krajan ini adalah berbentuk Dukuhan, yaitu dukuh Krajan. Adapun waktu itu ada 4 dukuhan yang ada di sekitar dukuh Krajan, yaitu: 

  1. Dukuh Sendang
  2. Dukuh Jaten
  3. Dukuh Ngablak
Pada Jaman pemerintahan Belanda, Pemerinh Belanda ingin mengadakan penggabungan (jw. Kasutan) antara dukuh-dukuh untuk di jadikan satu kepemimpinan saja, yang bertujuan untuk memudahkan Belanda untuk memerintah dan menguasai negara yang di jajahnya. Dan daerah ini termasuk dikenakan peraturan kasutan (penggabungan) dukuh-dukuh. Adapun dukuh Sendang, Dukuh Jaten,Dukuh Ngablak, dan Dukuh Krajan di kasut (gabung) dan di adakan pemilihan pimpinan desa atau kepala desa.

Akhirnya terpilihlah RONO DIMEDJO menjadi kepala Desanya, dan karena Dukuh Krajan secara geografis terletak di tengah-tengah antara dukuh-dukuh yang lainnya, maka dipilihlah Dukuh Krajan menjadi pusat (jw. Krajan) pemerintahannya, maka oleh Rono Dimedjo dukuh Krajan dinamakan Desa Krajan hingga sampai sekarang. 

Adapun secara berturut-turut yang pernah menjadi kepala desa Krajan adalah : 

  1. Rono Dimedjo (1905)
  2. Gembong (1922-1925)
  3. Mardjo (1925-1946)
  4. Mangun Sentot (1946-1948)
  5. Moch. Tamzis (1948-1949)
  6. Asmo Kaeran (1949-1980)
  7. Santoso
  8. Badjuri
  9. Mujiono

0 komentar:

Posting Komentar