SEDANG DALAM TAHAP UJI COBA!!!

Asal usul desa Carikan Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan

Asal usul desa Carikan Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan. Desa Carikan adalah nama salah satu desa di Magetan tepatnya di wilayah kecamatan Bendo Kabupaten Magetan.

Dahulu kala ketika desa Carikan ini wujudnya masih berupa hutan lebat, bermukimlah di tengah tengahnya seorang yang sudah tua bernama Ronggomenggolo. Ronggo menggolo ini bermukim di tengah hutan ini bersama keluarganya.

Di hutan yang lebat tersebut menurut cerita dihuni banyak kera. Apabila malam hari kera-kera tersebut berada di pohon-pohon besar, namun pada siang hari mereka turun untuk mencari makan. Karena begitu banyaknya kera yang berada di hutan itu kerap kali mereka bertengkar satu dengan yang lainya.

Kera-kera tersebut kerap kali menjengkelkan karena sering merusak, dan mengobrak-abrik tanaman di hutan tersebut, sehingga banyak sekali tanaman dihutan yang rusak karena ulah para kera tersebut.

Ronggomenggolo dengan sabar menata kembali hutan tersebut dan di benahi untuk di jadikan tempat berteduh bagi penduduk sekitar yang mau menempatinya. setelah lahan tersebut ramai di huni orang, maka tempat tersebut dinamkan CARIKAN yang artinya: Hutan bekas di rusak atau di orak-arik oleh kera. 

Ronggomenggolo ahirnya menjadi pimpinan desa carikan, namun menurut cerita dari sumber bahwa Ronggomenggolo setelah menata desa carikan tersebut pergi meninggalkan desa tersebut dengan berpesan agar hidup rukun, tekun bekerja, dan menjaga hutan dengan baik, karena hutan adalah salah satu sumber penghidupan yang perlu di jaga dan di lestarikan.

Adapun orang yang pernah menjadi kepala desa di desa Carikan setelah Ronggomenggolo adalah:
  1. Sodikromo
  2. Irodikromo
  3. Karsodikromo
  4. Kartorejo
  5. Kretodrono (1905-1933)
  6. Tjokromedjo(1933-1965)
  7. Senen(1965 Penggantim seterusnya
Begitulah asal usul terjadinya nama Desa Carikan Magetan.

0 komentar:

Posting Komentar