SEDANG DALAM TAHAP UJI COBA!!!

Asal usul desa Kuwon Kecamatan Karas Kabupaten Magetan

Asal usul desa dan kota Magetan kali ini akan bercerita tentang "Asal usul desa Kuwon Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan.

Kisah ini berawal di Kabupaten Purwodadi terjadi peperangan antara prajurit Pangeran Diponegoro yang dipimpin oleh Joened melawan kompeni Belanda.

Menurut cerita Joened ini adalah salah satu prajurit andalan Diponegoro yang dibenci dan dicari Belanda untuk di tangkapnya.

Peperangan di Purwodadi inipun sangat sengit, dan berulang kali kompeni belanda dibuat bulan-bulanan oleh prajurit Diponegoro, tapi akhirnya Joened mengalami kekalahan, dan mereka terdesak serta mundur beserta prajurit-prajuritnya.

Akhirnya Joened beserta prajuritnya lari mencari tempat perlindungan dan mendapatkan tempat perlindungan atas petunjuk sesepuh yang alim daerah itu. Joened beserta prajuritnya disarankan oleh sesepuh tersebut untuk segera meninggalkan Purwodadi dan minggir kearah barat. Untk selanjutnya pesan sesepuh tersebut, apabila telah sampai pada tempat yang banyak batu-batunya(berbatu-batu), supaya berhenti dan beristirahat serta berlindung.

Ternyata betul petunjuk sesepuh tersebut di jalankan oleh Joened dan prajuritnya, dan ternyata setelah minggir kearah barat Joened dan prajuritnya menemukan daerah yang persis seperti petunjuk tersebut. Daerah itu masih berupa hutan yang berbatu-batu, dan sangat tepat dan aman untuk berlindung.

Belanda yang mengejar Joened dan prajuritnya akhirnya kehilangan jejak dan kembali ke markasnya. Adapun Joened dan prajuritnya melai babat hutan untuk membuat tempat tinggal di hutan yang berbatu tersebut. Akhirnya tempat tinggal baru tersebut oleh Joened dengan nama "PAKUWON" tyang artinya tempat istirahat dan berlindung. 

Adapun kepala desa Kuwon yang berdasarkan pilihan Desa secara berturut-berturut adalah:
  1. Mbah Mengguk, terkenal dengan sebutan Jogo Ithi (sekitar tahun1850)
  2. Palang I (Tidak diketahui namanya)
  3. Palang II (Cokro Legono)
  4. Cokro Dongso
  5. Mbah Lan
  6. Hiro Kromo
  7. Dono Rejo
  8. Sono Rejo(1911 - 1955)
  9. Suyono (1955 -1990)
  10. Abdul Mukti(1990-1998)
  11. Lurah berikutnya
Demikian asal usul nama desa Kuwon Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan

0 komentar:

Posting Komentar