SEDANG DALAM TAHAP UJI COBA!!!

Asal usul desa Mangkujayan Magetan

Asal usul desa dan kota Magetan akan berbagi tentang Asal susul desa Mangkujayan Magetan. 

Desa Mangku Jayan terdiri dari 2 dukuh yaitu dukuh Mangkujayan yang terletah di utara sungai Gandong dan dukuh Kunden yang terletah di sebelah selatan sungai Gandong.

Bagaimanakah cerita tentang terjadinya nama desa Mangkujayan tersebut?! menurut sumber yang di ceritakan kepada kami, cerita asal usul pemberian nama desa Mangkujayan tersebut adalah sebagai berikut:

Desa Mangkujayan dahulu namanya adalah desa Pilang. Nama desa Pilang itu sendiri di ambil dari dua kata yaitu Sapine Ilang, karena di desa ini dahulunya bayak sapi yang hilang, sebab banyak pencuri dan perampoknya. Maka dari itu masyarakat desa Pilang karena menginginkan keamanan, kenyamanan, dan ketentraman banyak pendudukanya yang pindah ke sebelah barat desa pilang.

Melihat keadaan tersebut lama-kelamaan para pencuri dan perampok di desa Pilang ini bertobat dan berjanji tidak akan berbuat jahat yang meresahkan dan merugikan masyarakat. Nah pada akhirnya penduduk desa Pilang merasa aman, tentram dan dapat mengku (jw. menjaga) desanya dengan baik, hingga sampai kepada kejayaan. Dan dengan kata sepakat dari seluruh warga desa Pilang, nama desa Pilang di ganti dengan nama desa MANGKUJAYAN hingga sekarang ini.

0 komentar:

Posting Komentar