SEDANG DALAM TAHAP UJI COBA!!!

Asal Usul Desa Ngariboyo Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan

Asal Usul Desa Ngariboyo Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan.  Beberapa waktu lalu ane sempat posting mengenai nama-nama Desa di Kecamatan Nagariboyo Magetan, dan sekarang ane akan memposting tentang Asal Usul Desa Ngariboyo Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan.

Desa Ngariboyo Kecamatan Ngariboyo Kabupaten secara administratif di batasi oleh:
  • Sebelah utara: Desa Bulukerto
  • Sebelah selatan: Desa Banyudono
  • Sebelah Timur Desa Mojopurno
  • Sebelah barat: Desa Balegondo
Desa Ngariboyo terdiri dari 3 dukuhan, yaitu:
1. Dukuh Jetis
2. Dukuh Ngariboyo
3. Dukuh Daleman

Asal usul Desa Ngariboyo hingga saat ini belum dapat di ungkap secara jelas, terutama pengungkapan yang dikaitkan dengan cikal bakal desa tersebut.

Menurut keterangan sumber yang di dapat  kabupaten magetan.com pada jaman dahulu ratusan tahun yang lalu, desa Ngariboyo ini berwujud kawasan yang penuh dengan pohon bambu yang berduri. Orang setempat menamakan pohon tersebut dengan Pring Ori. Pada suatu ketika datanglah seorang kiyai pelarian dari Mataram yang tidak jelas siapakah namanya. Pendatang tersebut sampai di tempat tersebut itu karena dikejar-kejar oleh kompeni Belanda. Mereka dianggap sebagai tokoh agama yang berpengaruh besar terhadap masyarakat dan sangat membahayakan terhadap kedudukan Belanda di tanah Jawa ini.

Kyai yang datang sendirian ini bersembunyi di sela-sela pohon bambu yang rindang dan banyak durinya tersebut. Dirinya yakin bahwa belanda tidak akan berani dan mau merambah daerah penuh pepohonan bambu berduri semacam ini. 

Dalam persembunyiannya  kyai dari Mataram ini selalu berdoa memohon kepada Tuhan agar dirinya dapat terhindar dari bahaya.

Permohonan kyai tersebut berhasil, karena setelah beberapa hari ia bersembunyi diantara pohon-pohon bambu yang padat durinya itu, kompeni belanda yang mengejarnya tidak berani merambah daerah yang berisikan pepohonan bambu yang padat durinya tersebut. Kemudian kompeni Belanda itupun meninggalkan tempat itu dengan tangan hampa. Ahirnya kyai tersebut terhindar dari mara bahaya karena di lindungi Allah SWT di sela-sela bambu berduri itu.

Demikian gembiranya kyai tersebut, ahirnya ia membenahi beberapa tempat untuk dijadikan tempat berteduh dan menetap di situ.  Karena terkesan dengan kejadian itu, kyai tersebut menamakan tempat itu NGARIBOYO, yang asal katanya dari Eri (duri) dan Beboyo  menjadi RIBOYO yang pada ahirnya nama familiarnya menjadi NGARIBOYO.

Demikian postingan kabupaten magetan.com kali ini, semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar